Home TEKNOLOGI BUMN DORONG PRODUKTIVITAS UMKM MELALUI PASAR DIGITAL UMKM

BUMN DORONG PRODUKTIVITAS UMKM MELALUI PASAR DIGITAL UMKM

137
0

BUMN atau Badan Usaha Milik Negara merupakan perusahaan-perusahaan yang dimiliki oleh Negara. Mereka banyak sekali jumlahnya, mungkin sekitar ratusan perusahaan yang ada di Indonesia masih berada dalam kategori jenis BUMN.

BUMN memiliki peranan penting dalam membangun ekonomi Indonesia dan juga sebagai penyedia barang dan jasa utama kepada Indonesia.

Sebut saja Pertamina yang menyediakan tabung gas untuk masyarakat Indonesia untuk kebutuhan masak sehari-hari atau keperluan dagang. PLN yang menyediakan listrik kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Telkomsel yang menyediakan jaringan bagi masyarakat Indonesia dan masih banyak lagi perusahaan BUMN lainnya yang mendominasi pasar di Indonesia.

Hal ini tentu sangat baik bagi bangsa Indonesia, karena perusahaan negara bisa memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat Indonesia. Tentunya juga mereka akan memberikan kontribusi yang besar bagi negara dengan sejumlah pajak yang harus mereka bayarkan.

BUMN saat ini diwajibkan melakukan transaksi belanja barang dan jasa melalui sebuah platform digital yang bernama Pasar Digital UMKM.

Pasar Digital UMKM diisi oleh ribuan UMKM yang sudah bergabung dari seluruh Indonesia. Total saat ini sudah ada 27 ribu unit UMKM yang bergabung dengan Pasar Digital UMKM.

Diharapkan di tahun 2021 nanti banyak UMKM yang bergabung ke dalam Pasar Digital UMKM untuk menambah variasi belanja barang dan jasa BUMN.

Memang BUMN harus melakukan banyak transaksi belanja barang dan jasa kepada UMKM demi meningkatkan produktivitas UMKM.

Dengan adanya sinergi BUMN dan UMKM tentu akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak terutama kepada negara sendiri.

Aliran dan perputaran uang akan semakin kencang di negara sendiri dan akan memberikan pemasukan yang besar bagi negara untuk dialokasikan kepada masyarakat dalam berbagai bentuk nantinya.

Banyak sekali keuntungan yang diberikan BUMN dengan hadirnya PaDi UMKM. Berikut adalah keuntungan yang diperoleh oleh BUMN:

  1. Penggunaan biaya pembelanjaan dari masing-masing BUMN menjadi lebih terperinci dan lebih aman karena seluruh proses transaksi dilakukan secara online dan seluruh pembiayaan dilakukan dengan non-tunai.
  2. PaDi UMKM juga memudahkan dan mempercepat proses transaksi pengadaan barang dan jasa BUMN karena tidak perlu dilakukan dengan cara bertatap muka.

Bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, banyak sekali tentunya keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika bergabung dengan Pasar Digital UMKM.

  1. Apabila Anda sudah memiliki beberapa toko di beberapa marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Lazada dan juga Shopee, Anda bisa mengelola produk dan transaksi terpusat melalui PaDi UMKM. Jadi dengan begitu, Anda bisa mengelola toko Anda dengan mudah.
  2. Dengan mendaftar di PaDi UMKM, usaha Anda akan otomatis tercatat sebagai daftar UMKM yang akan dimonitor secara langsung oleh Kementerian BUMN.
  3. Anda bisa mengintegrasikan data pelanggan Anda dari seluruh channel yang nantinya bisa Anda maksimalkan dengan fitur CRM yang tersedia.
  4. UMKM yang belum terdaftar sebagai supplier belanja barang dan jasa BUMN akan didukung untuk naik kelas sebagai UMKM yang bertugas menyediakan pengadaan barang dan jasa BUMN.

Bagi pelaku UMKM yang sudah pernah bertransaksi/menjadi suppiler pembelanjaan barang dan jasa dengan BUMN, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya, seperti:

  1. Berpotensi mendapatkan transaksi dari BUMN dalam skala yang besar
  2. Berpotensi mendapatkan pinjaman dengan hanya mengajukan invoice
  3. Produk dapat dilihat oleh calon pembeli BUMN se-Indonesia

Jadi bagi UMKM yang ingin bergabung dengan padi, silahkan kunjungi halaman daftar seller PaDi sekarang juga!