Home KESEHATAN 5 Cara Alami Menurunkan Panas Anak Dengan Praktis

5 Cara Alami Menurunkan Panas Anak Dengan Praktis

45
0

5 Cara Alami Menurunkan Panas Anak Dengan Praktis

Sakit panas atau demam merupakan gejala umum yang dapat dengan mudah menimpa balita dan anak. Faktanya, terdapat cara alami menurunkan panas anak dan balita secara cepat. Cara alami tersebut menjadi alternatif pilihan orangtua saat sedang kehabisan persediaan stok obat di rumah. Demam atau panas yang menimpa anak seringkali membuat orangtua merasa panik, cemas, dan khawatir. Imbasnya, anak menjadi mudah rewel dan mendadak kehilangan nafsu makan.

Umumnya, panas pada anak disebabkan oleh bakteri, virus, hingga pasca imunisasi setelah pemberian imun pada tubuh anak.

Mengatasi Panas Anak

Berikut cara alami menurunkan panas untuk balita dan anak yang dapat dilakukan dengan praktis dan mudah di rumah. Simak uraian selengkapnya di bawah ini;

1.     Kompres Dengan Lap Basah

Hingga saat ini, teknis mengompres dengan lap basah masih dianggap efektif untuk mengusir suhu panas pada anak. Anda dapat menggunakan kain lembut kecil, lalu basahi dengan air hangat atau air biasa. Peras dan taruh lap pada dahi selama anak tertidur.

Selama beberapa jam, ulangi kembali agar kelembaban optimal menurunkan panas pada anak.

2.     Pijat Anak Dengan Ramuan Herbal

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan ramuan herbal yang dipercaya dapat mengusir suhu panas pada anak. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah ditemukan di dapur.

Siapkan dua hingga tiga bawang merah lalut parut lalu tambahkan seiris jeruk nipis atau asam Jawa. Kemudian, campurkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Perlu diingat. Jika minyak kayu putih bersifat terlalu keras, Anda dapat mengganti minyak kelapa.

3.     Pijat Anak Dengan PepperMint Oil

Tahukah Anda? PepperMint Oil mengandung bahan menthol yang terbukti dapat melancarkan gejala hidung mampet atau tersumbat dan berbagai macam demam lainnya pada anak.

Caranya sangat mudah. Cukup pijat perlahan pada dada dan punggung anak dengan menggunakan peppermint oil.

4.     Pakai Kaus Kaki Basah & Kering

Tidak ada salahnya untuk mencoba teknik alami yang satu ini. Sediakan dua pasang kaus kaki. Kaus kaki pertama, celupkan pada air dingin lalu peras dan pakaikan pada anak. Setelahnya, kenakan kaus kaki basah yang kering.

Dengan melakukan teknik alami ini, secara langsung membantu sirkulasi peredaran darah dengan mengumpulkan darah pada area kaki anak.

5.     Asupan Makanan Bergizi

Ketika anak sakit, seringkali anak mendadak hilang selera makan sebab gejala yang dideritanya.

Pastikan Anda menyajikan makanan bergizi tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh buah hati. Salah satu contoh makanan bergizi yakni kuah kaldu yang direbus daging ayam pilihan.

Nah itulah cara alami menurunkan panas anak dan balita yang dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here